Saturday, September 26, 2015

JAVA adalah sebutan bahasa inggris untuk nama sebuah pulau di Indonesia yaitu pulau Jawa. Namun demikian, JAVA juga merupakan nama salah satu varian dari kopi panas yang disajikan di suatu cafe di Amerika.
Namun yang mau saya bahas disini adalah, JAVA merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang berorientasi objek yang diciptakan oleh satu tim dari perusahaan yaitu  Sun MicroSystem, yang merupakan Perusahaan Workstation UNIX (Spare) yang cukup terkenal.


Ternyata, asal dari terbentuknya bahasa pemrograman JAVA, dimulai sekitar tahun 1991 ketika Sun Microsystem melakukan sebuah penelitian terhadap berbagai produk elektronika. James Gosling dan Patrick Naughton ditugaskan untuk merancang perangkat lunak aplikasi.
James Gosling kemudian memakai bahasa pemrograman C++ untuk menulis beberapa aplikasi untuk peralatan mikro, namun ternyata James Gosling mengalami banyak kesulitan. Lalu, kemudian timbul ide dari James Gosling untuk menciptakan sebuah bahasa baru ,yang ditulis berdasarkan C++ namun dengan beberapa perbaikan. Bahasa ini kemudian disebut "Oak" (nama sebuah pohon yang terlihat dari jendela ruangan James Gosling).
Lalu pada tahun 1992 tim berhasil mendemokan flatform baru yang terdiri dari system operasi Green, bahasa Oak, Libraries dan sebuah perangkat keras.

Percobaan pertama mereka menciptakan perangkat semacam PDA yang menampilkan gambar grafik, kemudian disebut Star7. Alat itu berhasil diujicoba pada September 1992. 2 bulan kemudian, Green Project sepenuhnya dimiliki First Person Inc, sebuah perusahaan dibawah subsidi Sun Microsystem.
 Tapi sayangnya nama OAK sudah dipakai oleh perusahaan Oak Technology.
James Gosling bingung mencari nama untuk bahasa baru tersebut karena setiap nama yang dipikirkannya untuk nama bahasa pemrogramannya ternyata sudah ada yang memakai,sampai ketika James Gosling mampir ke sebuah cafe untuk minum kopi,dan ia meminta kopi “JAVA”. Dari situ lah timbul ide untuk memakai nama JAVA. Kemudian pada tahun 1994, ketika web mulai populer,nama bahasa Oak kemudian diganti dengan menjadi JAVA.

Ada kabar lain yang dikira paling benar tentang penamaan JAVA ini. Yaitu ketika James Gosling & teman2 nya sedang pergi ke Indonesia, tepatnya di pulau Jawa. Mereka memikirkan nama baru untuk program buatannya tersebut. Dan saat James Gosling dan para rekannya meminum segelas secangkir kopi panas yang berasal dari Jawa, Indonesia. James Gosling pun terinspirasi dengan secangkir kopi panas yang diminumnya tersebut. Apalagi James Gosling dan rekannya tersebut adalah pecinta kopi. Tanpa pikir panjang lagi, mereka pun langsung memberi nama program buatannya dengan nama JAVA yang terinspirasi dengan Kopi Jawa (Java Coffee) dari negara tercinta kita Indonesia. Dan JAVA pun diluncurkan ke publik pada tahun 1995 dengan Logo yang berbentuk sebuah Kopi Panas kesukaan James Gosling sendiri.

Pada awalnya Java digunakan untuk program device kecil. Pada saat itu JAVA belum populer.
Tapi seiring waktu berkembang, JAVA pun diarahkan untuk internet, software, dan masih banyak lagi lainnya. Dan sejak itulah JAVA langsung populer dan terkenal di seluruh dunia.

0 comments :

Post a Comment